You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mendik
Desa Mendik

Kec. Long Kali, Kab. Paser, Provinsi Kalimantan Timur

selamat datang di desa mendik -- selengkapnya...

PENDAMPINGAN PRODUK UMKM (NIB, SERTIFIKASI HALAL, SPP-IRT) LOKUS SMART VILLAGE KEC. LONG IKIS & KEC. LONG KALI

Eta Lastami 29 Agustus 2024 Dibaca 6 Kali
PENDAMPINGAN PRODUK UMKM (NIB, SERTIFIKASI HALAL, SPP-IRT) LOKUS SMART VILLAGE KEC. LONG IKIS & KEC. LONG KALI

KEGIATAN PENDAMPINGAN PRODUK UMKM (NIB, SERTIFIKASI HALAL, SPP-IRT) LOKUS SMART VILLAGE KEC. LONG IKIS & KEC. LONG KALI, Kamis 04 Juli 2024

Di era digital ini, pengembangan UMKM sudah mulai berkembang melalui daring/online maupun offline. Pemasaran usaha mikro kecil dan menengah yang dimiliki oleh setiap masyarakat sekarang telah berkembang sangat pesat di daerah maupun kota serta sudah terdaftar di marketplace/ e-commerce seperti shopee, tokopedia maupun lazada di Indonesia. 

Dengan adanya pengembangan ini setiap pelaku usaha wajib membuat NIB ( Nomor Induk Berusaha ) kemudian SPP-IRT ( Sertifikat Produk Pangan Industri Rumah Tangga ) setelah kedua sertifikat ini dimiliki oleh Pelaku Usaha Mikro, barulah wajib mengurus Sertifikasi Halal untuk produk yang dijual ( kategori makanan dan minuman ).

Apa itu NIB ?

Nomor Induk Berusaha atau yang disingkat NIB adalah identitas pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usahanya. NIB wajib dimiliki oleh pelaku usaha yang ingin mengurus izin melalui OSS (Online Single Submission) atau Perizinan Terintegrasi  secara Elektronik. NIB terdiri dari 13 digit angka yang di dalamnya terdapat pengaman dan tanda tangan elektronik. Dasar hukum NIB tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Untuk mendapatkan NIB, Anda wajib melakukan pendaftaran melalui website OSS Republik Indonesia. Pendaftaran NIB tidak dikenakan biaya, alias GRATIS. OSS merupakan perizinan berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS atas nama Menteri, Pimpinan Lembaga, Gubenur, atau Bupati/Wali kota kepada pelaku usaha.

Setelah Sertifikat selesai, NIB ini menjadi lampiran syarat untuk pengajuan P-IRT. Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 22 Tahun 2018 tentang pedoman pemberian sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga, dijelaskan bahwa pengertian PIRT adalah sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang diberikan oleh Bupati atau Wali kota melalui Dinas Kesehatan. Sertifikat ini mengacu bahwa pangan hasil produksi yang dihasilkan telah memenuhi persyaratan dan standar keamanan yang telah ditentukan.

Dengan adanya petugas tenaga pendamping UMK yang bekerjasama dengan OPD yaitu Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Paser, pelaku usaha mikro sangat terbantu dan berkembang untuk mengoptimalkan dagangannya dalam segi kepercayaan dan halal. Sertifikat halal merupakan pengakuan kehalalan suatu produk yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag). Sedangkan label halal adalah tanda kehalalan suatu produk.

Dapat dilihat dari beberapa pengertian diatas bahwa data pengakuan produk sangat lah penting dalam perkembangan dan pemasaran produk tersebut. Maka dengan pentingnya pemberkasan yang dapat mendukung pegiat UMKM di wilayah lokus smart Vilallage kami dari tim Kader smart village Kec. Long Ikis dan Kec. Long Kali mengadakan kegiatan program desa cerdas P3PD sub komponen 2C2 ruang komunitas digital desa (RKDD). dengan tema kegiatan "Pendampingan Produk UMKM (NIB, Sertifikasi Halal, SPP-IRT) Lokus Smart Village Kec. Long Ikis & Kec. Long Kali yang bertempat di Kecamatan Long Ikis. Dengan adanya pendampingan tersebut diharapkan pelaku UMKM yang berada pada Lokus Smart Village Kec. Long Ikis dan Kec. Long kali dapat memanfaatkan kesempatan yang sudah ada dan dapat meningkatkan kualitas produk sehingga dapat melakukan pemasaran produknya sampai keluar pasar lokal.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image